jika tidak ada silahkan cari disini

Suasana di-kota Santri


Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang keberadaannya sangat penting dalam sejarah perkembangan agama Islam dan juga perkembangan pendidikan Islam di Indonesia. Pada dasarnya Pondok Pesantren berdiri dengan kokoh, melalui lima unsur yang sangat menentukan yaitu: kyai, Santri, Masjid, Pondokan (asrama) dan pengajaran kitab Islam klasik (kitab kuning/kitab gundul).

Pondok Pesantren bertugas untuk mencetak manusia yang benar-benar ahli dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan kemasyarakatan serta berakhlak mulia. Untuk mencapai itu, maka pesantren mengajarkan kitab-kitab wajib sebagai buku teks yang dikenal dengan sebutan kitab kuning. Untuk mempelajari kitab kuning ini digunakan sisem/metode tertentu.

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam rangka keberhasilan program pengajaran di pesantren. Karena tanpa adanya metode /sistem pembelajaran yang baik, maka kegiatan pembelajaran di pesantren pun tidak akan berhasil. Untuk itulah sistem pembelajaran di pesantren harus dipilih cara yang terbaik dan cocok untuk santri.
metode SOROGAN sangat populer digunakan, sebagaimana model-model pembelajaran yang ada di pondok pesanteren Sidogiri Pasuruan dan pondok Salafy lainnya.

Semoga pendidikan di PonPes Sidogiri semakin berkembang lebih pesat lagi dimasa-masa yang akan datang.

0 Comments:

Post a Comment