jika tidak ada silahkan cari disini

Putra Putri Bawean di Malaysia dan Singapura


Orang Bawean yang merantau ke Malaysia dan Singapura membentuk perkampungan masyarakat Bawean yang dikenali dengan istilah orang Boyan.sudah terbiasa mereka menyebut diri mereka orang Boyan, maksudnya orang Bawean.

oleh karna itu banyak dari para perantau bawean mempunyai putra-putri yang di lahirkan di Malaysia maupun di singapura, yang otomatis putra-putri mereka menjadi penduduk malaysia dan singapura, dan tidak jarang dari mereka yang melanjutkan pendidikannya di indonesia tempat kampung halaman bapak ibu mereka, disamping bisa bertemu keluarga yang berada dibawean, mereka bisa bertemu kakek-nenek (atuk-atuk) mereka.

di indonesia beragam pendidikan yang mereka tuju, ada yang Kuliah di perguraun tinggi Negeri (PTN)atau Perguruan tinggi Swasta (PTS) salah satu yang banyak menarik adalah Pendidikan Pesantren yang ada di indonesia, dengan tujuan bisa memperdalam ilmu-ilmu agama,mengaji Al-Qur'an, kitab kuning (kitab gundul) yang nantinya akan dikembangkan di Malysia dan Singapura.

Begitu juga sebaliknya, banyak juga putra-putri bawean yang melanjutkan pendidikan kenegeri jiran tersebut, walaupun kenyataannya lebih banyak yang sekedar cari kerja "Nyare Pesse" mak nolle soghi cakna.

Nah mau pilih yang mana Nyare pesse buat melanjutkan pendidikan atau sekolah dulu buru Nyare Pesse..?

0 Comments:

Post a Comment